<body><script type="text/javascript"> function setAttributeOnload(object, attribute, val) { if(window.addEventListener) { window.addEventListener('load', function(){ object[attribute] = val; }, false); } else { window.attachEvent('onload', function(){ object[attribute] = val; }); } } </script> <div id="navbar-iframe-container"></div> <script type="text/javascript" src="https://apis.google.com/js/platform.js"></script> <script type="text/javascript"> gapi.load("gapi.iframes:gapi.iframes.style.bubble", function() { if (gapi.iframes && gapi.iframes.getContext) { gapi.iframes.getContext().openChild({ url: 'https://www.blogger.com/navbar.g?targetBlogID\x3d4041488050623816359\x26blogName\x3dJejak+Ikrar\x26publishMode\x3dPUBLISH_MODE_BLOGSPOT\x26navbarType\x3dBLUE\x26layoutType\x3dCLASSIC\x26searchRoot\x3dhttps://jejakikrar.blogspot.com/search\x26blogLocale\x3din\x26v\x3d2\x26homepageUrl\x3dhttp://jejakikrar.blogspot.com/\x26vt\x3d-932133294075626317', where: document.getElementById("navbar-iframe-container"), id: "navbar-iframe" }); } }); </script>

on action!

Pendahuluan Pelajaran Metode Minuman

Selasa, 19 Juni 2012

Pada Pendahuluan Pelajaran Metode Minuman ini ikrar akan mengupas dan membahas segala sesuatu seputar Bar, Minuman, Jenis-jenis minuman dan sebagainya, sebagai pembuka yuk simak pemaparan saya mengenai Bar, sejarah Bar, Kenapa dinamakan Bar?. ini dia ulasannya..



Sejarah Bar:
Bar mulai berkembang pesat di  Amerika Serikat pada abad ke-16. Bar adalah suatu usaha yang di dirikan untuk menyediakan segala jenis minuman. Pada awalnya, Bar hanya terdiri dari sebuah pemisah yang terbuat dari kayu yang kuat yang disebut “BARRIER”atau “BARRIERY”, yang diartikan sebagai “PENGHALANG”,  dari situ kata bar dimaknai sebagai pemisah antara pembeli dan penjual, penghalang tersebut mengharuskan pembeli untuk memegang minumannya ditangan. Akan tetapi, saat ini Bar berfungsi juga sebagai tempat menikmati minuman dan atraksi lainnya atau lebih dikenal dengan “BAR COUNTER”. 

Perkembangan Bar di Amerika dimulai dengan apa yang disebut “TAVERN”, yang mempunyai daerah operasi sendiri antara lain di Boston. Tavern seperti halnya club, yaitu suatu kegiatan sekelompok orang yang disertai dengan minum-minum pada Private House. Di Inggris usaha pengadaan Bar (Tavern) lebih dikenal dengan nama PUBLIC HOUSE dan tersingkat menjadi PUB. makna Bar mulai berkembang dari Bar, Tavern hingga Pub pada kala itu, setiap tempat memberi nama atau sebutan yang berbeda pula.

Pada pelaksanaannya,berbeda dengan Tavern di Amerika,  di Inggris Public House tersebut hanya dibuka pada waktu-waktu tertentu saja dan diawasi oleh badan pengawas yang ketat, ditarik pajak yang tinggi, jam bukanya dibatasi dan di ikat oleh peraturan-peraturan lainnya, sebaliknya di Amerika segalanya hampir serba bebas, harga lebih rendah dan keuntungannya pun lebih berlipat ganda.

Pada Bar dijual berbagai macam minuman baik yang mengandung alkohol maupun non alkohol. Pada masa tersebut  di  beberapa negara bagian Amerika masih ada larangan-larangan adanya penjualan minuman keras . Akhirnya salah satu Gubernur di Amerika Serikat saat itu, Governor WILHELM VON KIEFT, memprakarsai pemberian izin tentang penjualan minuman keras yang lebih terkenal dengan “THE FIRST LICENCED PREMISED IN WHAT TO BE MANHATTAN”, yang menjadi titik tolak perkembangan Bar selanjutnya.

Perkiraan pada tahun 1540 M, orang-orang mulai mengenal minuman keras campuran, seperti : Julep, Toddys dan Highball. 

Pada sekitar tahun 1862 mulai makin banyak perhatian orang akan minuman keras dan minuman campuran ini, sehingga bermunculanlah ahli-ahli minuman keras seperti : Jerry Thomas, Herry Jhonson .

Setelah perang dunia ke II, tentara Amerika mempopulerkan minuman campuran “COCKTAIL“. 
Dari sinilah mulai berkembang bentuk-bentuk Bar seperti yang kita dapati sekarang antar lain : Bar & Restaurant, Saloon & Bar, Night Club, Discotheque, dsb.

Lalu apakah definisi dari bar ?
Definisi Bar secara umum dapat disebutkan sebagai berikut :
“ Bar adalah suatu counter untuk menjual minuman beralkohol maupun non alkohol , didalamnya juga tersedia tempat untuk mengkonsumsi minuman tersebut berikut pelayanan dengan tujuan komersil.”

Jenis-jenis/Tipe Bar
Ada berbagai jenis bar, namun yang umum dikenal adalah:
1.Public Bar
Bar yang melayani minuman yang bersifat umum dan ditujukan untuk semua pengunjung yang datang/public. Biasanya bar ini menyediakan jenis minuman yang lengkap.

 2.Main Bar
Public bar yang terbesar di dalam hotel tersebut, yang  biasanya merupakan pusat stok minuman bagi bar lainnya.

3.Service Bar
Bar yang khusus melayani minuman-minuman dari room service & restaurant. Letaknya dekat dengan room service office & restaurant office. Jenis minumannya lengkap.

4.Portable/Dispence Bar
Bar kecil yang dapat dibuka dan ditutup dan bisa dipindah-pindah karena memiliki roda. Biasanya digunakan untuk event-event tertentu, misalnya: banquet.

Label: ,


Bookmark this post to del.icio.us Digg this post! Bookmark this post to Yahoo! My Web Bookmark this post to Furl

Newer Posts | jejakikrar.blogspot.com Home | jejakikrar.blogspot.com Older Posts | jejakikrar.blogspot.com